Powered by Blogger.

Tentang Lebah

Bicara tentang lebah maka kita akan teringat dengan sarang lebah dan cara mereka bekerja dengan baik dalam kegelapan. Mereka berkomunikasi melalui bau, getaran dan interaksi secara fisik dengan lebah lainnya dan yang lebih pen-ting, lebah dapat mengenali dan bereaksi terhadap pheromones (senyawa kimia yang dikeluarkan oleh lebah). Di alam bebas, sarang lebah memiliki sistem perlindungan yang sangat baik untuk menjaga lebah agar terhindar dari ancaman lingkungan.

Ratu Lebah [ Queen Bee ]
Disetiap sarang lebah, hanya akan terdapat satu ratu lebah diantara koloni lebah yang jumlahnya mencapai 80,000 ekor. Secara genetik, sang ratu bertanggung jawab untuk mengkontribusikan karakteristiknya pada lebah lainnya yang terdapat di sarang. Oleh karena itu, lebah yang terdapat di sarang, sudah pasti “terbentuk dari elemen dasar yang sama” dengan sang ratu lebah.

Lebah Pekerja
Mengonsumsi royal jelly hanya pada 3 hari pertama dalam fase larva. Mereka hanya hidup untuk beberapa minggu, rata-rata sampai dengan 50 hari danemiliki tubuh lebih kecil dari ratu lebah. Lebah Pekerja  tidakberproduksi/mandul Tidak aktif secara seksual dan membutuhkan 21 hari untuk berkembang. Rata-rata lebah pekerja memproduksi sekitar 1/12th sendok teh madu dalam hidupnya. Sebuah koloni sarang lebah dapat terbang 90.000 mil, yang setara dengan tiga orbit mengelilingi bumi untuk mengumpulkan 1 kg madu.

Lebah Perawat [ Nurse Bee ]
Lebah perawat adalah lebah pekerja yang khusus merawat ratu lebah dan anak-anaknya atau larva. Mereka bertanggung jawab untuk memproduksi royal jelly, serta memberi makan sang ratu dengan royal jelly, bee pollen dan madu.

Lebah Pencari [ Scouts Bees ]
Lebah pencari adalah lebah pekerja yang mencari sumber-sumber pollen, nektar dan propolis. Ketika mereka menemukan sumber makanan yang terbaik, mereka akan kembali ke sarang dan menginformasikannya kepada lebah pengumpul. Kemudian, lebah pengumpul pergi untuk mengumpulkan makanan tersebut.

Lebah Pengumpul [ Collector Bees ]
Ketika mengumpulkan pollen dari bunga-bunga, lebah pengumpul hanya akan mengunjungi tipe bunga yang sama hingga semua pollen habis terkumpul. Pada saat lebah mengumpulkan pollen, ia juga mencampurkannya dengan sedikit madu dari mulutnya dan kemudian membentuk gumpalan pollen yang akan disimpan dalam kantong yang terdapat di kaki lebah. Lebah pengumpul menghisap nektar dari bunga-bunga dengan lidah mereka yang panjang. Mereka hanya mengunjungi bunga dari spesies yang sama dalam satu putaran pengumpulan, untuk memastikan bahwa nektar yang dikumpulkan berasal dari satu sumber yang sama. Nektar yang terkumpul kemudian disimpan dalam sel madu yang terbuka. Sel-sel ini akan tetap terbuka hingga nektar menguap dan terbentuk cairan madu yang kental dan matang.

Lebah Jantan [ Drones ]
Lebah pejantan adalah satu-satunya lebah jantan yang terdapat di sarang lebah dan hanya bertugas untuk membuahi sang ratu lebah. Enam belas hari setelah ratu lebah yang baru terlahir, ia terbang ke tempat lebah jantan yang telah menunggu kedatangannya. Setelah membuahi sang ratu, lebah jantan ini kemudian mati.

Lebah madu telah ada selama jutaan tahun, secara ilmiah juga dikenal sebagai Apis mellifera, yang artinya ramah lingkungan dan sangat penting sebagai penyerbuk. Mereka adalah satu-satunya serangga yang memproduksi makanan yang dimakan oleh manusia. Madu adalah satu-satunya makanan yang mencakup semua zat yang diperlukan untuk mempertahankan hidup, termasuk enzim, vitamin, mineral, dan air, serta satu-satunya makanan yang mengandung “pinocembrin”, antioksidan yang dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak. Madu lebah mempunyai 6 kaki, 2 mata majemuk yang terdiri dari ribuan lensa kecil (satu pada setiap sisi kepala), 3 mata sederhana di bagian atas kepala, 2 pasang sayap, kantong nektar, dan perut.

Lebah madu memiliki 170 reseptor penciuman, dibandingkan dengan hanya 62 pada lalat buah dan 79 pada nyamuk. Kemampuan penciuman yang luar biasa ini termasuk sinyal mereka untuk pengakuan kerabat, komunikasi sosial dalam sarang, dan pengakuan penciuman untuk mencari makanan. Indra penciuman mereka begitu tepat sehingga bisa membedakan ratusan varietas bunga yang berbeda dan mengetahui apakah sebuah bunga memiliki serbuk sari atau nektar dari beberapa meter. Sayap lebah madu lebah dapat bergerak sangat cepat, sekitar 200 denyut per detik, sehingga membuat mereka terkenal, dengan dengungan khas mereka. Seekor lebah madu dapat terbang hingga enam mil, dan secepat 15 mil per jam.

Dibutuhkan satu ons madu sebagai bahan bakar penerbangan untuk seekor lebah yang mengelilingi dunia. Seekor lebah madu mengunjungi 50 sampai 100 bunga selama perjalanannya mengoleksi madu. Otak lebah adalah oval dan hanya seukuran biji wijen, namun memiliki kapasitas yang luar biasa untuk belajar dan mengingat hal-hal dan mampu membuat perhitungan yang kompleks pada jarak tempuh dan efisiensi mencari makan. Sebuah koloni lebah terdiri dari 20,000-60,000 lebah madu dan satu Ratu. Pekerja lebah madu adalah perempuan, hidup selama sekitar 6 minggu dan melakukan semua pekerjaan. Ratu lebah dapat hidup sampai 5 tahun dan merupakan satu-satunya lebah yang bertelur. Dia adalah yang tersibuk di bulan-bulan musim panas, ketika sarang perlu kekuatan maksimum, dan dapat menetaskan hingga 2500 telur per hari.

Setiap koloni lebah madu memiliki bau yang unik untuk identifikasi anggotanya. Hanya lebah pekerja menyengat, dan hanya jika mereka merasa terancam dan mereka mati setelah mereka menyengat. Ratu lebah memiliki sengat, tapi mereka tidak meninggalkan sarang untuk membantu mempertahankannya. Diperkirakan bahwa 1.100 sengatan lebah madu diperlukan untuk menjadi fatal. Lebah madu berkomunikasi satu sama lain dengan “menari”. Selama musim dingin, lebah madu memakan madu mereka yang dikumpulkan selama bulan-bulan. Mereka membentuk sebuah cluster yang ketat dalam sarang mereka untuk menjaga ratu dan diri mereka sendiri hangat.

0 comments "Tentang Lebah", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment